“No Talk, Just Action!”

From Values with Intregity act for Nation

“No Talk, Just Action!”


​Kegiatan Triple U x UC 2019 merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan 4 BEM Universitas swasta di Surabaya. Kerjasama dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Petra, Universitas Surabaya, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Ciputra berlangsung dalam 2 kegiatan besar. Kegiatan besar pertama yaitu menyelenggarakan donor darah dan pengecekan kesehatan gratis pada Minggu (17/2/2019). Acara yang berlokasi di Taman Flora Surabaya ini, juga dimeriahkan oleh dance, stand up comedy, photobooth, games, sulap, senam, dan masih banyak lagi. Selama kurang lebih 4 jam, terdapat 158 masyarakat yang antusias mendengarkan penjelasan dari tim medis mengenai hasil pengobatan.
​Kegiatan berikutnya Minggu (3/3/2019) bertempat di Kampung Mangrove Gunung Anyar Surabaya. Tema besar yang diangkat yaitu “Encourager in Action”, yang artinya lewat kegiatan ini peserta dapat membantu mengerakkan masyarakat tidak hanya sekedar bicara, namun langsung take action, sehingga dapat memotivasi masyarakat disana untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Dampaknya, kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dari segi manapun. Harapan dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa lebih open minded dan sadar bahwa kampung mereka bisa berkembang menjadi kampung wisata bila mereka mau. Acara di kampung ini meliputi 4 kegiatan, yaitu pendidikan, lingkungan, kampung warna, dan kewirausahaan. Tiap-tiap kegiatan dikoordinir oleh panitia universitas masing-masing.


​Kelompok pendidikan terdiri dari 34 mahasiswa, yang bertugas untuk menjelaskan materi serta pentas drama. Materi yang dibawakan berupa bully buster, bencana alam, dan teknologi. Setiap pergantian sesi diselingi dengan games menarik sehingga membuat anak-anak SD tidak bosan. Kegiatan ini berlangsung di balai RW 1 dan dihandle oleh panitia dari Universitas Pelita Harapan.
​Pembuatan tanaman hidroponik dari sayur kangkung dan bayam merupakan salah satu agenda kegiatan dari kelompok lingkungan. Setelah menanam, 92 peserta lingkungan ini melanjutkan pengecatan tong sampah dan membersihkan lingkungan sekitar. Semua hasil hidroponik dan tong sampah ini nantinya akan dibagikan secara merata oleh semua masyarakat kampung dari RT 1 – RT 5.Acara ini berlangsung di RW 1 RT 3 dan dikoordinir oleh panitia dari Universitas Kristen Petra.


​Aksi nyata peserta dibuktikan dari tindakan menyulap area jalan RT 3 yang awalnya polos menjadi berwarna-warni. Sebanyak 109 mahasiswa dikerahkan untuk menyulap area tersebut agar terkesan lebih fresh dan enak dilihat. Beberapa anak SD juga turut membantu para peserta yang sedang mengecat. Jalan tersebut sudah dibuat sketsa dari tim panitia, sehingga peserta lebih mudah dalam membentuk pola. Setiap sketsa yang dibuat memiliki esensi dan nilai moral yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat disana. Kegiatan ini dikoordinir oleh Universitas Surabaya.


​Sebanyak 34 mahasiswa mengikuti kegiatan kewirausahaan yang diprakarsai oleh panitia Universitas Ciputra. Acara ini dikemas dalam bentuk yang unik sehingga cukup menarik perhatian masyarakat kampung dan peserta dari gabungan 4 universitas. Dimulai dari seminar tentang tips-tips marketing serta demo pemasakan hasil olahan laut. Selama seminar, masyarakat cukup antusias menanyakan beberapa pertanyaan dan sharing tentang pengalaman bisnis dan dagang kecil-kecilan mereka di kampung. Setelah seminar, dilanjutkan dengan presentasi prototype dari peserta kepada masyarakat. Prototype merupakan sebuah benda yang diolah dari bahan-bahan bekas(tidak berguna) menjadi bentuk yang lebih berharga dan bermakna. Diharapkan dengan presentasi ini, masyarakat bisa lebih sadar bahwa barang-barang yang tak bernilai harganya pun dapat diolah menjadi bentuk yang bernilai. Kegiatan yang bertempat di Balai Kelurahan ini cukup menyita perhatian masyarakat dan media liputan lainnya.

No Comments

Add your comment