UK Petra Wajibkan Maba Ikuti Seminar Anti Korupsi

From Values with Intregity act for Nation

UK Petra Wajibkan Maba Ikuti Seminar Anti Korupsi

SURABAYA – Data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tahun 2013 menyebut usia koruptor termuda 30 tahun. Ketidaktahuan akan aturan hukum menjadi salah satu dasar anak muda terjebak kasus tersebut.

Ini melatarbelakangi Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Eksternal, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar seminar anti korupsi. Seminar selama dua hari berturut-turut ini dimulai Kamis-Jumat (25-26/1/2018),  di Auditorium UK Petra.

Erlangga Adikusumah dan Dian Rachmawati sebagai fungsional Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK dihadirkan sebagai pembicara. Erlangga dan Diah secara bergantian membagikan dan membahas tuntas mengenai budaya korupsi, kerugiannya, pembelajaran hidup tanpa korupsi hingga pentingnya generasi muda untuk tidak berkontribusi dalam korupsi apapun.

“Peran mahasiswa dalam pemberantasan korupsi ini sangat besar. Sebab mahasiswa merupakan energi besar yang menjadi motor penggerak masa depan bangsa,” ungkap Erlangga, Kamis (25/1/2018).

IMG_8042

Perilaku koruptif itu sendiri sangat banyak, bisa dari hal kecil hingga besar. Erlangga menambahkan yang termasuk perilaku koruptif di kalangan mahasiswa antara lain menyontek, membolos, terlambat, titip absen, berbohong pada dosen, kuitansi palsu kegiatan kampus hingga plagiat tugas mahasiswa atau Tugas Akhir mahasiswa.
Seminar sendiri menjadi bagian Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Dasar (LKMM-TD) XXVIII yang dilaksanakan setiap tahun di kampus UK Petra. LKMM-TD tahun ini mengusung tema The Good Servant: Destined for Goodness.

“Melalui seminar anti korupsi ini diharapkan dapat menginspirasi dan membangun kesadaran peserta akan bahaya korupsi,” urai Elisabeth Glory sebagai anggota tim acara LKMM-TD XXVIII UK Petra.

Total mahasiswa yang mengikuti acara LKMM-TD XXVIII ini sekitar 1800 mahasiswa yang dibagi menjadi dua shift. Tiap shiftnya berjumlah 900 mahasiswa. Sebelum mengikuti seminar anti korupsi ini para mahasiswa mengikuti banyak kegiatan yang tujuan memperlengkapi mahasiswa dengan berbagai kemampuan manajerial dasar yang diperlukan untuk menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan.

“Perencanaan dan sistematika yang baik menjadi kunci. Di antaranya, rally games, kelas dan seminar,” tutup Lofina Junita selaku Ketua panitia LKMM-TD XXVIII UK Petra. (yie)

Sumber: http://www.gurukuhebat.id/uk-petra-wajibkan-maba-ikuti-seminar-anti-korupsi/

No Comments

Add your comment