Kurikulum

              Business Accounting Program (BAcc) menyikapi perubahan yang terjadi dalam perkembangan tuntutan dunia saat ini yaitu issue Industry 4.0, kemudian Society 5.0, Gen Z serta sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), maka dalam Kurikulum OBE-LEAP (Outcome Based Education-Leadership Enhancement Program) diterapkan sebagai Mata Kuliah baru pada tahun akademik 2020/2021 yang dinamakan sebagai mata kuliah LEAP. Mata kuliah ini menyiapkan mahasiswa untuk mengalami aktivitas secara nyata diluar kampus, selama 6 bulan atau 1 semester, dengan pilihan jalur sebagai berikut:

1. Research & Innovation

              Jalur Research & Innovation merupakan program penelitian dalam lingkup bidang ilmu maupun lintas bidang ilmu yang diarahkan untuk menghasilkan antara lain publikasi ilmiah/hak kekayaan intelektual (HKI)/produk inovasi. Mata kuliah yang ada dalam jalur ini meliputi: Basic Research and Innovation (6 SKS) dan Applied Research and Innovation (6 SKS). Kegiatan penelitian tersebut dapat dilakukan dalam bentuk:

a. Penelitian bersama dosen di dalam kampus.
b. Penelitian di institusi luar kampus, baik dalam negeri maupun luar negeri.
Institusi luar kampus dapat meliputi perusahaan, lembaga penelitian, konsultan, dan perguruan tinggi mitra.
c. Penelitian yang diarahkan untuk menghasilkan produk inovasi yang dilanjutkan dengan perintisan start‐up bisnis yang dilakukan melalui Sentra Inovasi dan Kewirausahaan.

2. Global Exposure

              Jalur Global Exposure merupakan program pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di luar negeri yang merupakan mitra UK Petra. Program pendidikan ini dapat bersifat jangka menengah (semester exchange), dengan durasi 1 semester. Mata kuliah yang ada dalam jalur ini meliputi: Global Exposure dan Global Experience, masing-masing 6 SKS.

3. Industrial Experience

              Jalur Industrial Experience merupakan program yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja profesional di industri, baik di dalam maupun di luar negeri. Mata kuliah yang ada dalam jalur ini terdiri dari: Industrial Experience dan Industrial Awareness, masing-masing sebesar 6 SKS.

4. Community Engagement

              Jalur Community Engagement merupakan program penerapan ilmu dan ketrampilan untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dana dan mitra dapat berasal dari lembaga profit dan nonprofit, seperti Pemerintah Kota, Pemerintah Provinsi, jejaring gereja, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)/Non‐governmental Organization (NGO). Mata kuliah yang ada dalam jalur ini terdiri dari: Community Engagement 1 dan Community Engagement 2.

 

 

Klik untuk melihat

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
  • Core Competencies Courses 1 - Basic
  • Core Competencies Courses 1 - Fundamental Tools of Business
  • Core Competencies Courses 2 - Core Accounting Courses
  • Special Competencies Courses : Business Accounting Program
DU 4101
Pancasila (2 SKS)
Matakuliah ini membahas mengenai Pancasila sebagai dasar negara, dan bagaimana Pancasila berperan dalam membentuk nilai-nilai bangsa ini.
-
C
DU 4163
Etika Profesi (2 SKS)
Mata kuliah ini memberikan suatu pemahaman yang benar pada mahasiswa mengenai etika di dunia kerja, aktivitas, permasalahan dan pemecahan masalah di dunia kerja, sesuai dengan kehendak Allah yang tertulis pada Kitab Suci.
Telah lulus Min. 60 SKS dan telah lulus MKDU Agama dan Hidup Bermakna
C
DU 4197
Agama dan Hidup Bermakna (4 SKS)
Mata Kuliah Agama dan Hidup Bermakna merupakan mata kuliah wajib yang diadakan untuk menolong mahasiswa belajar membangun dan mengembangkan konsep kehidupan yang bermakna, yakni mengetahui tujuan hidup dengan wawasan dunia yang benar dan tepat di dalam melihat dan mengevaluasi berbagai aspek kehidupan.
-
C
DU 4164
Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menyelenggarakan pembelajaran tentang ke-Indonesiaan, belajar untuk menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, membangun rasa kebangsaan, dan mencintai tanah air Indonesia guna mendukung terwujudnya seorang sarjana atau profesional sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang terdidik memahami tentang Indonesia, memiliki kepribadian Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air Indonesia. Dengan demikian, ia menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang demokratis.
Pancasila
C
DU 4198
Digital Leadership (2 SKS)
Digital Leadership adalah mata kuliah yang memberi wawasan terkait kepemimpinan digital. Kepemimpinan digital adalah kepemimpinan di era digital dan kepemimpinan yang mentransformasi organisasi menjadi organisasi yang lebih digital. Mata kuliah ini akan membahas prinsip servant leadership, kompetensi membangun komunitas serta kompetensi digital. Setiap mahasiswa akan menerapkan berbagai prinsip digital leadership ke dalam program studi masing-masing termasuk dalam memperkirkan profesi masa depan yang terkait dengan program studi tersebut.
Telah lulus Min. 60 SKS
C
DU 4444
Bahasa Indonesia (2 SKS)
Perkuliahan ini diadakan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang benar mengenai penggunaan tata bahasa, yang dalam hal ini adalah Bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam hal menulis dan melakukan presentasi yang bersifat formal. Mahasiswa dekat dengan kegiatan menulis sejak awal perkuliahannya. Yang dimaksud dalam hal ini adalah mahasiswa mampu menuangkan ide pemikirannya dalam bentuk tulisan, mulai dari tugas makalah sederhana hingga Skripsi. Oleh karena itu perlu ada pembekalan agar mahasiswa bisa menulis dengan baik. Di samping menulis, mahasiswa juga dituntut untuk mampu melakukan presentasi dengan baik, yaitu bagaimana mahasiswa bisa menyampaikan (speech) secara lugas apa yang telah ia tulis. Dengan demikian, secara sederhana, matakuliah Bahasa Indonesia ini membantu mahasiswa untuk dapat menulis dan menyampaikan apa yang ditulis dengan baik dan benar.
-
C